TRINITAS DAN KRISTOLOGI 10 AJARAN SESAT TENTANG YESUS KRISTUS

424 viewers

 

Gereja-gereja yang lahir pada abad pertama

Gereja Alexandria
Tahun 43M, Rasul Markus penulis Injil Markus, dikirim ke Alexandria sebagai misionaris. Ia merintis gereja di Alexandria. Jadi Markus adalah Bapa dari Gereja Alexandria. Di kemudian hari gereja ini menjadi Gereja Koptik Ortodox Mesir sampai hari ini. Dewasa ini di Mesir penduduknya 85% Muslim, 15% Ortodox Koptik (Kristen). Sampai saat ini Muslim dan Kristen di Mesir bermusuhan. Setelah Presiden Mubarak meninggal Mesir dipimpin oleh Muslim yang kuat, dan orang-orang Kristen harus menghadapi orang-orang Muslim yang kuat. Bahkan perkelahian terjadi di jalan-jalan. Di Indonesia pertikaian itu tidak terlalu keras, karena orang Indonesia adalah orang2 yang ramah.

Gereja Antiokia
Perintis gereja Antiokia adalah Simon dari Kirene dan keluarganya, yang memikul salib Yesus. Simon berasal dari Kirene yang terletak di Libya (Libya dalam Alkitab disebut Kirene). Simon adalah orang Yahudi, tetapi ia tinggal di Kirene (Libya). Setiap Paskah semua orang Yahudi berkumpul di Yerusalem, dan pada saat Paskah itu juga Yesus memikul salibNya menuju Golgota. Ketika itu banyak orang berkerumun melihat Yesus , ketika kemudian Yesus terjatuh, prajurit Roma memaksa Simon untuk memikul salib Yesus. Simon saat itu bukan orang Kristen, Ia orang Yahudi yang tinggal di Kirene( Libya). Orang-orang Yahudi selalu datang dari perantauan mereka ke Yerusalem untuk merayakan Paskah. Saat memperingati paskah itulah Simon menyaksikan Yesus tergantung di Salib, ia adalah orang yang menyaksikan penyiksaan Yesus dan melihat peristiwa penyaliban itu dari jarak yang sangat dekat. Orang Yahudi berduyun-duyun mengikuti Yesus dan Simon ada dalam kerumunan itu. Tentara Romawi kemudian memintanya untuk memikul salib Yesus. Ini bukanlah suatu kebetulan, tetapi merupakan rencana Allah. Ia kemudian menjadi anggota utama di gereja Yerusalem.
Setelah kemartiran Stefanus, gereja Yerusalem menyebar ke berbagai tempat, dan Allah membimbing Simon ke Antiokia, dan di sana ia mendirikan gereja Antiokia (Kis 13:1-3). Kemudian Simon mengajak Barnabas untuk membantu dalam pelayanan di gereja Antiokia. Dan sesudah itu Barnabas menjadi pendeta senior di gereja Antiokia, Simon menjadi pendeta pembantu Barnabas. Dan dikemudian hari Barnabas mengajak Paulus ke Antiokia. Allah berbicara kepada jemaat Antiokia untuk mengutus Barnabas dan Paulus untuk memberitakan Injil. Simon kemudian menjadi gembala utama, dan dialah yang mendukung perjalanan misi Paulus dan Barnabas. Jadi Simon ini adalah orang yang sangat penting dalam perjalanan misi Paulus dan Barnabas. Kita bisa melihat rencana Allah dalam kesemuanya ini. Itulah sejarah gereja Antiokia. Setelah Paulus Simon, dan Barnabas meninggal, gereja Antionia terus berkembang.
Rasul Paulus juga mendirikan gereja-gereja di Efesus, Konstantinopel, Kalsedon, Nicea. Konstantinopel adalah pusat gereja Yunani, sekarang disebut Istambul. Di Itali juga berkembang gereja.
Jadi kita perlu mencatat bahwa dalam kurun waktu 300 tahun telah berdiri lima gereja utama, yaitu:
1 Gereja Alexandria (Mesir) –
2 Gereja Yerusalem
3 Gereja Antiokia (Siria/Ortodox Siria)
4 Gereja Konstantinopel (Yunani)
5 Gereja Italia (Roma /Gereja Katolik Roma)
Kita harus mengingat kelima gereja utama diatas sebagai dasar perkembangan sejarah gereja di dunia selama berabad-abad.
Untuk itu tetaplah lanjutkan pelajaran ini.

Tinggalkan Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar.