TRINITAS DAN KRISTOLOGI 5 HUBUNGAN ALLAH BAPA DENGAN ALLAH ANAK

531 viewers

Dalam bagian lima ini kita akan membahas hal-hal tentang hubungan Allah Bapa dengan Allah Anak, khususnya nama dan gelar yang diberikan kepada Anak, dalam kesetaraan Allah Trinitas.

 

Hen dan Heis

Kata “hen” dan “heis” adalah dua kata dara bahasa Yunani yang sama-sama bermakna “satu”.

 

Supaya lebih jelas, mari kita bandingkan dua ayat dalam Alkitab, yaitu:

1.Yohanes 10:30 berbunyi: “Aku (Yesus) dan Bapa adalah satu”

2. Galatia 3:28 berbunyi: Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Dalam Yohanes 10:30 kata “satu” menggunakan kata “hen”

Dalam Galatia 3:28 kata “satu”menggunakan kata “heis” . Ada dua arti “satu” dalam bahasa Yunani, tetapi dengan perbedaan makna, jika diteliti lebih mendalam.

Kalau Yesus menggunakan kata “hen” dalam Yoh 10:30 itu berarti Ia setara dalam kwalitas, kwantitas, kedudukan, karakter, otoritas, kuasa, posisi.

 

“Heis” memang jika diterjemahkan artinya “satu”. Tapi jika dilihat secara mendalam pengertian nya sangat berbeda. Walaupun artinya “satu” tapi natur dan characternya berbeda. “Satu” di dalam “heis” berbeda dalam kwalitas, kwantitas, kedudukan, karakter, otoritas, kuasa, posisi, tetapi wujudnya tetap satu.

 

Dalam Galatia 3:28 ini Paulus menjelaskan bahwa meskipun mereka adalah orang Yahudi atau orang Yunani, atau budak atau orang merdeka, tapi di dalam Yesus mereka adalah satu. Kita juga berbeda suku dan ras, berbeda usia, berbeda kelamin, berbeda pendidikan, tetapi kita semua satu di dalam Kristus. Itulah yang dimaksud dengan “heis”. Tetapi ketika Yesus mengungkapkan relasiNya dengan Allah Bapa, Ia menggunakan kata “hen”, bukan “heis”. Jadi kita harus mengerti bedanya ketika kita mengajarkan kepada orang lain.

Ayat-ayat lain yang merujuk kepada hubungan “hen/satu” antara Allah Bapa dan Allah Anak:

– Yoh 16:15: Segala sesuuatu yang Bapa punya adalah Aku punya (punya Anak)

– Yoh 15:23: Barangsiapa membenci Aku ia membenci juga BapaKu

– Yoh 14:24: Firman dari Bapa adalah Firman dari Anak

– Yoh 17:21 Bapa di dalam Anak dan Anak di dalam Bapa

Jadi apa yang di katakan Yesus pada Yoh 16:15 dan Yoh 15:23 dan Yoh 14:24 dan Yoh 17:21, semua

di dasarkan kepada Yoh 10:30, yaitu bahwa Ia “hen” (satu) dengan Allah Bapa.

 

Anak Allah (Huios)

“Anak Allah” adalah jabatan yang diberi kepada Yesus Kristus sebagai satu dari Tiga Pribadi Allah.

Matius 3:17 mencatat: Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:” Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepadaNya lah Aku berkenan”.

Yohanes Pembaptis mendengar suara dari langit setelah ia membaptis Yesus Kristus. Pada saat itu ia segera mengerti bahasa yang diucapkan karena memakai bahasa Ibrani atau Yunani “Huios”. Dalam bahasa Ibrani atau Yunani “Anak” adalah Huios. Jika Huios ditulis dengan “H” besar artinya adalah “sama atau setara”, tetapi jika “huios” ditulis dengan “h” kecil maka artinya adalah anak secara biologis atau keturunan. Jadi ketika Allah berbicara “Inilah anak yang Kukasihi” itu berarti bahwa yang dimaksud adalah Yesus Kristus adalah Allah atau setara dengan Allah Bapa dan Allah Roh Kudus.

 

Bukti Yesus Setara dengan Allah Bapa

Berikut kita akan membuktikan melalui ayat ayat Alkitab jika Yesus Kristus memang bukan ciptaan, Dia adalah Pencipta, setara dengan Allah Bapa.

 

Yoh 1:18:

Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa,Dialah yang menyatakan-Nya.

Ayat ini menjelaskan bahwa kita tidak bisa melihat Allah Bapa, kita hanya dapat melihat Allah Anak.

Yoh 6:46

Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa.

1 Tim 6:16

Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal!Amin.

Hanya Allah Anak yang dapat melihat Allah Bapa, manusia tidak.

Ibr 1:31

Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.

Allah Anak adalah cahaya kemuliaan Allah Bapa.

Yoh 14:7-10

Barangsiapa telah melihat Aku ia telah melihat Bapa

Ketika salah satu murid Yesus yang bernama Filipus meminta “tunjukkanlah Bapa itu kepada kami”, maka Yesus menjawab:“Kau telah bersamaKu bertahun-tahun, kau telah melihat Bapa”. Mengapa Yesus berkata demikian? Karena melihat Dia sama dengan melihat Allah Bapa.

 

Jadi hanya Yesuslah yang bisa melihat ALLah Bapa, karena Mereka adalah “hen”/satu. Bahkan mungkin, ketika kita di surga pun nanti, kita tidak dapat melihat Allah Bapa. Kita hanya bisa melihat kemuliaanNya saja melalui Yesus Kristus. Ketika kita melihat Yesus maka kita melihat kemuliaan Allah Bapa karena “Ia adalah cahaya kemuliaan Allah”.

 

Kita akan melanjutkan pelajaran Hubungan Allah Bapa dengan Allah Anak di bagian 6, yaitu apa alasan Yesus Kristus itu disebut “Anak Allah”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar.