TRINITAS DAN KRISTOLOGI 6 HUBUNGAN ALLAH BAPA DENGAN ANAK

196 viewers

Kita masih membahas masalah Hubungan Allah Bapa dengan Anak dan melanjutkan dengan pembahasan tentang Anak (Huios) Allah. Mengapa Yesus Kristus disebut Anak Allah? Tentu kita harus bisa membuktikannya, dan hal ini harus dibuktikan melalui Alkitab, sebab Alkitab lah, melalui pengalaman murid-murid yang pernah hidup bersama Dia, yang menjadi kesaksian yang sah tentang Dia.

Kita akan mengambil dari Matius 16:13-20, ketika Petrus mengeluarkan pengakuan akan Mesias.

Ayat 6 berbunyi: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.”

Saat itu Yesus bertanya kepada murid2Nya, siapakah Dia menurut orang-orang diluar sana. Ada yang mengatakan Jeremia, Elia, ada yang mengatakan salah satu Nabi Besar. Ini berarti murid-murid Yesus sendiripun tidak tahu siapa Dia, walaupun kira-kira 1,5 tahun sudah mengikut Yesus, mereka belum tahu siapa Yesus. Tetapi berbeda dengan yang lain, Petrus mengatakan bahwa Yesus “Mesias, Anak Allah yang hidup”.

 

Dalam bahasa Inggris: “You are the Christ, the Son of the living God”. Christ (Kristus) artinya Mesias, maksudnya ia mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Dalam bahasa aslinya itu ditulis dengan “Huios” dengan menggunakan huruf besar “H”. Sebenarnya Petrus sendiri tidak tahu apa kata itu ditulis dengan huruf h “kecil atau besar”, tetapi di ayat 17 Yesus berkata “itu bukan dikatakan oleh manusia, tetapi oleh BapaKu di Surga”. Jadi saat itu Allah sedang memakai mulut Petrus untuk manyatakan bahwa Yesus itu Anak Allah.

Pertanyaan:

 

3. Anak Tunggal (Monogenes)

Gelar lain dari Allah Anak adalah Anak Tunggal. Kita akan menelitinya melalui Yoh 1:18 yang mencatat: Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dia lah yang menyatakannya.

Dalam bahasa Yunani “Anak Tunggal” disebut sebagai “Mono Genes” (the only begotten Son)

Mono artinya Satu. Genes artinya Gen/spesies

Monogenes artinya one gen atau satu gen. Bapa dan anak itu satu gen. Itu menunjukkan bahwa Allah Bapa dan Allah Anak itu setara dalam kuasa, karakter, kualitas., otoritas, dan kuasa.

Jadi pengertian dari monogenes ialah hubungan antara Allah Bapa dan Allah Anak adalah satu dan sama dalam segalanya. Dalam bahasa Yunani disebut “monogenes Huios” atau “Anak Tunggal”.

Jadi, setidaknya ada tiga dasar alkitabiah yang menyatakan kesetaraan Yesus dengan Allah Bapa. Pertama, Yesus adalah “Anak Allah” (The Son of God), bukan “anak Allah” (a son of God). Ia adalah Huios artinya, Ia sama dengan Allah Bapa. Kedua, Yesus berkata bahwa Ia dan Bapa adalah satu (Hen) yang berarti, sama dalam kualitas, kuantitas dan hakikat. Ketiga, Yesus adalah Anak tunggal Allah (Monogenes) yang berarti, Yesus adalah satu-satunya yang sama dengan Allah Bapa. (TRINITAS &KRISTOLOGI, Rev.Thomas Hwang,Ph.D. hal.22)

 

Tinggalkan Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar.